http://sovira12.files.wordpress.com |
Namun pada kenyataannya untuk bisa menjalankan sebuah UMKM tidak sesederhana yang dibayangkan. Ada beberapa rintangan yang kemudian menjadi “bahaya laten” bagi banyak pelaku UMKM. Salah satu “bahaya laten” yang selama ini seolah tidak pernah terpecahkan adalah persoalan pemasaran. Pelaku UMKM tidak sedikit yang selalu saja kesulitan jika terbentur dengan pemasaran. Peran pemerintah dalam memediasi persoalan pemasaran, baik melalui pameran dagang maupun kunjungan dagang ke berbagai negara, tetap saja belum memberikan solusi yang tepat. Di pihak lain, lemahnya jaringan yang dimiliki oleh para pelaku UMKM juga semakin menjadikan persoalan pemasaran tidak terselesaikan.
Sejak ditemukannya internet sebagai bagian dari perkembangan teknologi informasi maka interaksi antar berbagai pihak juga semakin mudah. Internet telah mampu menjadikan dirinya sebagai media penghubung antar masyarakat tanpa harus bertemu langsung dengan tidak mengurangi nilai-nilai interaktif sebagaimana tatap muka langsung. Persebaran informasi pun tidak bisa dielakkan lagi. Persoalan geografis yang selama menjadi salah satu persoalan dalam persebaran informasi dan interaksi tidak lagi menjadi halangan berarti.