Rebranding


Merek (brand) memiliki peran strategis bagi produk agar dikenal luas oleh masyarakat konsumen. Merek layaknya nama yang dipunyai oleh manusia. Meski Shakespeare pernah berujar “Apa arti sebuah nama” namun nama memberikan identitas tersendiri bagi sebuah benda. Nama yang mewujud dalam sebuah bentuk merek menjadi ujung tombak bagi produk dalam memperkenalkan diri kepada konsumennya. Kesadaran konsumen terhadap suatu produk seringkali diawali terhadap kesadaran konsumen terhadap merek produk tersebut. Adanya merek menjadikan produk menjadi hidup.
Aaker dalam bukunya yang berjudul Managing Brand Equity Capitalizing on The Value of a Brand Name mendefinisikan merek sebagai nama dan / atau simbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap, atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasi barang atau jasa dari seseorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu, dengan demikian membedakan dari barang-barang dan jasa yang dihasilkan para kompetitor. Inti dari definisi merek dari Aaker tersebut adalah merek merupakan pembeda sebuah produk. Pembeda tersebut yang kemudian dapat dijadikan stimulan tumbuhnya loyalitas dari konsumen. Dengan menggunakan merek tertentu yang memiliki pembeda tertentu pula konsumen merasa berbeda dengan konsumen lain yang tidak mengggunakan merek tertentu tersebut. Sekali lagi, merek adalah sebuah identitas, baik bagi produk maupun bagi konsumen.

Materi Presentasi Dasar-dasar Manajemen


NO.
POKOK BAHASAN
KELOMPOK
1.
Analisis Lingkungan
Organisasi Bisnis sebagai Bagian dari Lingkungan
Lingkungan Internal dan Eksternal Organisasi
Lingkungan Internasional
Budaya Organisasi dan Kegiatan Bisnis
I
2.
Tanggung Jawab Sosial Organisasi
Mengelola Tanggung Jawab Sosial Organisasi
Konsep Etika dalam Manajemen
Dimensi Etika dalam Manajemen
II
3.
Perencanaan dalam Organisasi
Strategi Organisasi
Tingkatan Strategi
Mutu dan Pendekatan Strategi
III
4.
Model 7S McKinsey
Budaya dan Strategi Organisasi
Menyesuaikan Struktur Organisasi dengan Strategi
Managemen by Objectives (MBO)
IV
5.
Konsep Dasar Organisasi
Pembagian dan Pengelompokan Kerja
Relasi Antar Bagian Organisasi
Struktur Organisasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Pendekatan dalam Departementalisasi
V
6.
Kekuasaan dan Wewenang dalam Organisasi
Tanggung Jawab dalam Organisasi
Pelimpahan Wewenang dan Tanggung Jawab
Sentralisasi dan Desentralisasi
Mendesain Pekerjaan
VI
7.
Pengertian Dasar Motivasi
Berbagai Perspektif dalam Motivasi
Teori Motivasi
Konsep Dasar Kepemimpinan
Berbagai Pendekatan dalam Kepemimpinan
VII
8.
Konsep Dasar Kelompok Kerja
Karakteristik Kelompok Kerja
Manajemen Konflik
Konsep Dasar Komunikasi
Proses dan Bentuk Komunikasi
VIII
9.
Konsep Dasar Fungsi Pengawasan
Tujuan dan Langkah dalam Proses Pengawasan
Pengawasan Berdasarkan Proses Kegiatan
Pengawasan Internal dan Eksternal
Pengawasan Berdasarkan Fungsi Operasional
IX

Tugas Presentasi Kelompok Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jurusan Akuntansi


Tugas Presentasi Kelompok Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jurusan Akuntansi
1.       Masing-masing kelompok mempresentasikan pokok bahasan sebagaimana telah ditentukan.
2.       Buku utama yang dijadikan pedoman adalah Manajemen Pemasaran karangan Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2009) Edisi 12.
3.       Buku-buku penunjang dari pengarang lain yang terkait dengan pokok bahasan diharapkan juga dipakai untuk memperkaya pembahasan.
4.       Seluruh kelompok mengirimkan power point presentasinya ke email: risanto26@gmail.com

No.
Pokok Bahasan
Kelompok Presenter
1
Pemasaran Abad 21
Penyusunan Rencana dan Strategi Pemasaran
I
2
Mengumpulkan Informasi dan Mengukur Pasar
Melakukan Riset Pemasaran & Peramalan Permintaan
II
3
Menciptakan Nilai, Kepuasan, dan Kesetiaan Pelanggan
III
4
Menganalisis Pasar Konsumen dan Menganalisis Pasar Bisnis
IV
5
Mengidentifikasi Segmen dan Sasaran Pasar
V
6
UTS

7
Menciptakan Ekuitas Merek dan Mengatur Penetapan Posisi Merek
VI
8
Menetapkan Strategi Produk dan Memperkenalkan Tawaran Pasar Baru
Merancang dan Mengelola Jaringan dan Saluran Nilai
VII
9
Mengembangkan Program dan Strategi Penetapan Harga
Merancang dan Mengelola Jaringan dan Saluran Nilai dan Mengelola Eceran, Perdagangan Besar dan Logistik Pasar
Mengembangkan Program dan Strategi Penetapan Harga
VIII
10
Merancang dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Mengelola Komunikasi Massa
Mengelola Komunikasi Pribadi
IX
11
Memanfaatkan Pasar Global
X
12
UAS