Soal Ujian Tengah Semester Genap 2011/2012Jurusan Akuntansi Kelas CA dan CB


SOAL
1.       Pemasaran yang berbasis internet pada gilirannya mengurangi interaksi langsung (face to face) antara produsen dengan konsumen. Menurut Anda bagaimana metode yang harus digunakan produsen untuk membangun kepercayaan konsumen dalam pemasaran dunia maya? Jelaskan!
2.       Jelaskan dan gambarkan konsep siklus hidup produk serta apa peran pemasaran dalam konsep tersebut?
3.       Jelaskan yang dimaksud dengan intelejen pemasaran! Apa keterkaitan intelejen pemasaran dengan keputusan dan komunikasi pemasaran?
4.       Carilah Iklan di sebuah media cetak. Lakukan analisis segmentasi pasar terhadap produk pada iklan tersebut serta Anda kritik iklan tersebut dari sisi segmentasi pasar produk! Tempelkan iklan tersebut pada lembar jawaban Anda.
---Selamat Mengerjakan---

Catatan:
a.       Tulislah jawaban di kertas folio bergaris
b.      Jawaban ditulis tangan

Rebranding


Merek (brand) memiliki peran strategis bagi produk agar dikenal luas oleh masyarakat konsumen. Merek layaknya nama yang dipunyai oleh manusia. Meski Shakespeare pernah berujar “Apa arti sebuah nama” namun nama memberikan identitas tersendiri bagi sebuah benda. Nama yang mewujud dalam sebuah bentuk merek menjadi ujung tombak bagi produk dalam memperkenalkan diri kepada konsumennya. Kesadaran konsumen terhadap suatu produk seringkali diawali terhadap kesadaran konsumen terhadap merek produk tersebut. Adanya merek menjadikan produk menjadi hidup.
Aaker dalam bukunya yang berjudul Managing Brand Equity Capitalizing on The Value of a Brand Name mendefinisikan merek sebagai nama dan / atau simbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap, atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasi barang atau jasa dari seseorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu, dengan demikian membedakan dari barang-barang dan jasa yang dihasilkan para kompetitor. Inti dari definisi merek dari Aaker tersebut adalah merek merupakan pembeda sebuah produk. Pembeda tersebut yang kemudian dapat dijadikan stimulan tumbuhnya loyalitas dari konsumen. Dengan menggunakan merek tertentu yang memiliki pembeda tertentu pula konsumen merasa berbeda dengan konsumen lain yang tidak mengggunakan merek tertentu tersebut. Sekali lagi, merek adalah sebuah identitas, baik bagi produk maupun bagi konsumen.

Materi Presentasi Dasar-dasar Manajemen


NO.
POKOK BAHASAN
KELOMPOK
1.
Analisis Lingkungan
Organisasi Bisnis sebagai Bagian dari Lingkungan
Lingkungan Internal dan Eksternal Organisasi
Lingkungan Internasional
Budaya Organisasi dan Kegiatan Bisnis
I
2.
Tanggung Jawab Sosial Organisasi
Mengelola Tanggung Jawab Sosial Organisasi
Konsep Etika dalam Manajemen
Dimensi Etika dalam Manajemen
II
3.
Perencanaan dalam Organisasi
Strategi Organisasi
Tingkatan Strategi
Mutu dan Pendekatan Strategi
III
4.
Model 7S McKinsey
Budaya dan Strategi Organisasi
Menyesuaikan Struktur Organisasi dengan Strategi
Managemen by Objectives (MBO)
IV
5.
Konsep Dasar Organisasi
Pembagian dan Pengelompokan Kerja
Relasi Antar Bagian Organisasi
Struktur Organisasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Pendekatan dalam Departementalisasi
V
6.
Kekuasaan dan Wewenang dalam Organisasi
Tanggung Jawab dalam Organisasi
Pelimpahan Wewenang dan Tanggung Jawab
Sentralisasi dan Desentralisasi
Mendesain Pekerjaan
VI
7.
Pengertian Dasar Motivasi
Berbagai Perspektif dalam Motivasi
Teori Motivasi
Konsep Dasar Kepemimpinan
Berbagai Pendekatan dalam Kepemimpinan
VII
8.
Konsep Dasar Kelompok Kerja
Karakteristik Kelompok Kerja
Manajemen Konflik
Konsep Dasar Komunikasi
Proses dan Bentuk Komunikasi
VIII
9.
Konsep Dasar Fungsi Pengawasan
Tujuan dan Langkah dalam Proses Pengawasan
Pengawasan Berdasarkan Proses Kegiatan
Pengawasan Internal dan Eksternal
Pengawasan Berdasarkan Fungsi Operasional
IX