Majalah Marketeers baru-baru ini telah merilis 45 merek paling favorit pengguna internet di Indonesia. Merek-merek tersebut mewakili dari masing-masing kategori produk yang selama ini lekat dengan aktivitas pengguna internet sebagai konsumen. Dalam konteks kesadaran merek maka merek paling favorit menjadi salah satu indikasi bahwa merek tersebut merupakan top of mind dari konsumen atas sebuah produk tertentu. Berikut ini 45 kategori produk beserta merek produknya yang paling menjadi pilihan pengguna internet di Indonesia.
No. | Kategori Produk | Merek Paling Favorit |
1. | Kecap | Bango |
2. | Mie Instan | Indomie |
3. | Air Mineral dan Teh dalam Kemasan | Aqua |
4. | Minyak Goreng | Bimoli |
5. | Kopi Bubuk | Kapal Api |
6. | Kopi Instan | Nescafe |
7. | Teh Celup | Sariwangi |
8. | Susu Cair dalam Kemasan | Susu Ultra |
9. | Susu Bubuk Dewasa | Anlene |
10. | Susu Bubuk Anak | Dancow |
11. | Soft Drink | Coca Cola |
12. | Sambal Botolan | Sambal ABC |
13. | Bumbu Instan dan Kaldu Instan | Royco |
14. | Fast Food | Kentucky Fried Chicken |
15. | Sabun Mandi Padat | Lifebouy |
16. | Sabun Mandi Cair | Lux |
17. | Shampoo | Pantene |
18. | Pasta Gigi | Pepsodent |
19. | Kemasan Wadah Makanan Minuman | Tupperware |
20. | Obat Maag | Promag |
21. | Obat Sakit Kepala | Bodrex |
22. | Multivitamin | Enervon-C |
23. | Jamu | Sidomuncul |
24. | Pelembab | Pond’s |
25. | Handphone | Nokia |
26. | ISP-Wireless (Mobile) | Indosat |
27. | ISP-Modem | Telkom Speedy |
28. | Kamera | Canon |
29. | Kulkas | Sharp |
30. | Laptop | Acer |
31. | Mesin Cuci | LG |
32. | TV | Sharp |
33. | Mobil | Toyota |
34. | Motor | Honda |
35. | Tabungan | BCA |
36. | Kartu Kredit | Kartu Kredit BCA |
37. | Asuransi Kesehatan / Jiwa | Prudential |
38. | Asuransi Kendaraan | Garda Oto |
39. | Stasiun TV | Trans TV |
40. | Koran | Kompas |
41. | Portal Berita | Detik.com |
42. | Social Network | Facebook |
43. | Website Jual Beli Online | Kaskus |
44. | Pesawat | Garuda |
45. | Taksi | Blue Bird |
Sumber: Marketeers Edisi November 2010
Itulah hasil riset yang telah dilakukan oleh Markplus Insight kepada masyarakat dunia maya terkait merek paling diminati. Tentu dalam menentukan pilihan atas sebuah merek para konsumen dalam masyarakat dunia maya, dan juga masyarakat dunia nyata, memiliki preferensi-preferensi tersendiri. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu keberhasilan merek-merek diatas masuk sebagai pilihan utama konsumen adalah karena keberhasilan mereka dalam membangun kualitas mereknya. Kualitas produk baik barang maupun jasa yang benar-benar dinikmati oleh konsumen menjadi bagian tak terpisahkan dalam pembangunan kualitas merek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar