Nokia Bukan Lagi Nomor Satu


TEMPO InteraktifJakarta- Samsung Electronics Co Ltd akan menjadi pembuat ponsel pintar terbesar di dunia pada kuartal kedua ini. Artinya, untuk pertama kali sejak 1996 Samsung bakal menggusur Nokia sebagai rajanya ponsel pintar.
Pada kuartal berikutnya, diprediksi giliran Apple Inc yang bakal menggeser posisi Nokia. Itu artinya Nokia semakin terpuruk dan akan menempati posisi ketiga sebagai produsen ponsel pintar dunia.
"Pada 1996, Nokia meluncurkan Communicator dan pasar ponsel pintar terus dipimpinnya. Setelah sekitar 14 tahun di atas, Nokia bakal kehilangan posisi itu,” kata analis Nomura.
Di pasar ponsel pintar Nokia mulai kesulitan mengimbangi gempuran dari iPhone milik Apple dan perangkat Android dari Google inc. Di ponsel kelas bawah, Nokia juga mulai kalah bersaing dengan ponsel buatan Asia.
Meski begitu, secara keseluruhan, Nokia masih memproduksi ponsel lebih banyak ketimbang Samsung. Itu berkat posisinya sebagai spesialis pembuat ponsel dan jaringan distribusinya yang sudah mendunia.
TOI | FIRMAN


sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2011/06/13/brk,20110613-340454,id.html

Tidak ada komentar: