Soal Ujian Akhir Semester Ganjil 2013-2014 Mata Kuliah Pengantar Manajemen Jurusan Akuntansi

1.      Seorang penjual bakso merasa bahwa bisnisnya telah berkembang dengan baik. Dia merasa bahwa bisnis kulinernya yang berupa bakso harus dibuat organisasi bisnis yang baik agar pengelolaan bisnisnya berjalan secara sistematis dan terukur. Dengan menggunakan 4 (empat) pilar dalam pengorganisasian, Anda bantu pengusaha tersebut dalam membuat organisasi bisnis bakso sekaligus dengan job description-nya!
2.      Sebutkan dan jelaskan sumber-sumber konflik serta berikan contohnya!
3.      Diandaikan Anda adalah seorang manajer sebuah organisasi bisnis. Suatu ketika Anda melihat adanya konflik diantara karyawan Anda. Konflik tersebut menurut analisis Anda berpotensi mempengaruhi kinerja organisasi bisnis yang Anda kelola serta juga akan berpengaruh terhadap posisi Anda sebagai manajer. Langkah apa yang akan Anda lakukan dalam menyelesaikan konflik yang terjadi pada karyawan Anda agar konfllik tersebut berdampak positif bagi organisasi (gunakan Pendekatan Manajemen Konflik dalam analisis Anda).
4. Apa definisi delegasi dan uraikan alasan perlu adanya pendelegasian dalam organisasi beserta dengan contohnya!
5. Jelaskan apa saja permasalahan yang dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia dan berikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut!

Ketentuan: Dikerjakan dengan ditulis tangan di kertas folio bergaris.





------------- selamat mengerjakan -------------

Tidak ada komentar: