NO.
|
POKOK
BAHASAN
|
KELOMPOK
|
1.
|
Analisis Lingkungan
Organisasi
Bisnis sebagai Bagian dari Lingkungan
Lingkungan
Internal dan Eksternal Organisasi
Lingkungan
Internasional
Budaya Organisasi dan Kegiatan
Bisnis
|
I
|
2.
|
Tanggung Jawab Sosial
Organisasi
Mengelola Tanggung Jawab Sosial
Organisasi
Konsep Etika dalam Manajemen
Dimensi Etika dalam Manajemen
|
II
|
3.
|
Perencanaan dalam Organisasi
Strategi Organisasi
Tingkatan Strategi
Mutu dan Pendekatan Strategi
|
III
|
4.
|
Model 7S McKinsey
Budaya dan Strategi Organisasi
Menyesuaikan Struktur
Organisasi dengan Strategi
Managemen by Objectives (MBO)
|
IV
|
5.
|
Konsep Dasar Organisasi
Pembagian dan Pengelompokan Kerja
Relasi Antar Bagian Organisasi
Struktur Organisasi dan
Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Pendekatan dalam
Departementalisasi
|
V
|
6.
|
Kekuasaan dan Wewenang dalam
Organisasi
Tanggung Jawab dalam Organisasi
Pelimpahan Wewenang dan
Tanggung Jawab
Sentralisasi dan Desentralisasi
Mendesain Pekerjaan
|
VI
|
7.
|
Pengertian Dasar Motivasi
Berbagai Perspektif dalam
Motivasi
Teori Motivasi
Konsep Dasar Kepemimpinan
Berbagai Pendekatan dalam
Kepemimpinan
|
VII
|
8.
|
Konsep Dasar Kelompok Kerja
Karakteristik Kelompok Kerja
Manajemen Konflik
Konsep Dasar Komunikasi
Proses dan Bentuk Komunikasi
|
VIII
|
9.
|
Konsep Dasar Fungsi Pengawasan
Tujuan dan Langkah dalam Proses
Pengawasan
Pengawasan Berdasarkan Proses
Kegiatan
Pengawasan Internal dan
Eksternal
Pengawasan Berdasarkan Fungsi
Operasional
|
IX
|
Materi Presentasi Dasar-dasar Manajemen
Tugas Presentasi Kelompok Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jurusan Akuntansi
Tugas Presentasi Kelompok Mata Kuliah Manajemen Pemasaran
Jurusan Akuntansi
1.
Masing-masing kelompok mempresentasikan pokok
bahasan sebagaimana telah ditentukan.
2.
Buku utama yang dijadikan pedoman adalah Manajemen
Pemasaran karangan Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2009) Edisi 12.
3.
Buku-buku penunjang dari pengarang lain yang
terkait dengan pokok bahasan diharapkan juga dipakai untuk memperkaya
pembahasan.
No.
|
Pokok
Bahasan
|
Kelompok
Presenter
|
1
|
Pemasaran Abad 21
Penyusunan Rencana dan Strategi Pemasaran
|
I
|
2
|
Mengumpulkan Informasi dan Mengukur Pasar
Melakukan Riset Pemasaran & Peramalan Permintaan
|
II
|
3
|
Menciptakan Nilai, Kepuasan, dan Kesetiaan Pelanggan
|
III
|
4
|
Menganalisis Pasar Konsumen dan Menganalisis Pasar Bisnis
|
IV
|
5
|
Mengidentifikasi Segmen dan Sasaran Pasar
|
V
|
6
|
UTS
|
|
7
|
Menciptakan Ekuitas Merek dan Mengatur Penetapan Posisi Merek
|
VI
|
8
|
Menetapkan Strategi Produk dan Memperkenalkan Tawaran Pasar Baru
Merancang dan Mengelola Jaringan dan Saluran Nilai
|
VII
|
9
|
Mengembangkan Program dan Strategi Penetapan Harga
Merancang dan Mengelola Jaringan dan Saluran Nilai dan Mengelola
Eceran, Perdagangan Besar dan Logistik Pasar
Mengembangkan Program dan Strategi Penetapan Harga
|
VIII
|
10
|
Merancang dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Mengelola
Komunikasi Massa
Mengelola Komunikasi Pribadi
|
IX
|
11
|
Memanfaatkan Pasar Global
|
X
|
12
|
UAS
|
Masyarakat Virtual
http://www.mywebsearchonline.com |
Dalam
bukunya yang sangat fenomenal dan klasik, yakni The Third Wave (Gelombang Ketiga), futurolog Alvin Toffler
mengemukakan adanya tiga tahapan perkembangan peradaban manusia. Ketiga tahapan
tersebut meliputi: Era Pertanian sebagai Gelombang Pertama, Era Industri sebagai
Gelombang Kedua, serta Era Informasi sebagai Gelombang Ketiga. Hampir tiga
dekade belakangan ini, yakni sejak Bill Gates memperkenalkan Microsoft kepada
dunia, peradaban manusia telah memasuki apa yang disebut Alvin Toffler sebagai
Gelombang Ketiga. Prasyarat-prasyarat untuk memasuki Gelombang Ketiga tersebut
telah cukup memadai untuk menjadikan masyarakat dunia memasuki Era Informasi.
Perkembangan teknologi dan informasi dalam beberapa tahun belakangan ini
meluncur dengan begitu deras bak air bah.
Salah
satu medium teknologi informasi yang perkembangannya sangat bombastis adalah
internet. Berbagai piranti, baik piranti lunak (software) maupun piranti keras (hardware),
telah bermunculan untuk menopang kemajuan internet agar lebih memudahkan
masyarakat dalam mengakses internet. Hal terbukti dengan semakin membengkaknya
pengguna internet dalam skala lokal, nasional, maupun global. Bahkan keberadaan
internet pada gilirannya telah merubah budaya, kebiasaan, maupun pola hidup
manusia. Perubahan pola interaksi masyarakat menjadi salah satu contoh betapa
internet telah berperan bagi masyarakat ataupun individu dalam memaknai arti
interaksi. Kemampuan internet menghadirkan teknologi yang memungkinkan individu
untuk saling bertatap muka dengan individu lain tanpa harus bertemu secara
fisik telah memberikan cara pandang baru bagi masyarakat serta individu dalam
berinteraksi, termasuk dalam berbisnis.
Memahami Inovasi
http://cdn.radionetherlands.nl |
Inovasi merupakan topik dengan cakupan yang luas dan diterapkan diberbagai aspek seperti pemasaran, keperilakuan organisasional, manajemen mutu, manajemen operasi, manajemen teknologi, pengembangan produk, dan manajemen strategi. Inovasi merupakan isu paling penting dalam bisnis karena mampu mengubah situasi pasar dengan mengurangi kemampuan pelaku pasar besar dan mendorong pelaku luar menempati posisi yang tinggi. Tanpa inovasi, pemain pasar dapat kehilangan posisinya dan akan sulit untuk membangun kembali kinerjanya dalam industri (Hauser et al., 2005). Inovasi merupakan proses yang dinamis dalam sebuah organisasi. Penerimaan sebuah inovasi bukan merupakan sesuatu yang mutlak. Inovasi akan diterima apabila dirasakan memiliki manfaat atau memberikan sesuatu yang dipandang menguntungkan bagi masyarakat (organisasi). Sebaliknya, bisa saja suatu waktu inovasi ditolak oleh masyarakat (organisasi) jika dipandang sulit diterapkan dan atau dinilai tidak menguntungkan (Hakim, 2008).
Langganan:
Postingan (Atom)