Bill Gates Lebih Populer Ketimbang Einstein?

LONDON - Bill Gates menduduki posisi teratas dalam daftar sepuluh besar 'orang perubah dunia', menurut sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh Electronic Arts.
Sebuah survei terbaru di Inggris untuk usia di bawah 25 tahun menaruh pendiri Microsoft, Bill Gates, di posisi teratas, dengan Mark Zuckerberg di posisi ke dua. Sementara Martin Luther King Jr. berada di posisi ketiga, dan Albert Enstein berada di posisi ke sepuluh. Demikian seperti yang dikutip dari Pocket-Lint, Minggu (6/3/2011).
Secara mengejutkan, David Cameron berada di posisi ke empat, di atas Isaac Newton dan Charles Darwin. Sementara Steve Jobs tidak masuk di daftar tersebut.
Polling tersebut diselenggarakan dalam rangka untuk merayakan game Electronic Arts yang akan diluncurkan, yakni Dragon Age 2.
Electronic Arts melakukan survei bersama dengan agensi penelitian online, FlyResearch, pada lebih dari 1000 penduduk di Inggris yang berusia di bawah 25 tahun.
"Hasil polling survei ini sangat mengejutkan. Memberitahukan bahwa betapa berpengaruhnya orang-orang di daftar ini dan dampak dari penemuan mereka pada kehidupan kita," ujar Sophie Orlando dari Electronic Arts.
Game Dragon Age 2 akan hadir di pasar pada tanggal 11 Maret untuk Xbox 360, PS3 dan PC.

Problematika Inovasi UMKM

Inovasi merupakan hal yang krusial bagi keberadaan dan keberlangsungan UMKM. Inovasi   menjadi pijakan bagi UMKM untuk dapat mencapai tingkat daya saing yang kompetitif. Daya saing di dalam banyak literatur dan juga dalam prakteknya sedikit banyak akan ditentukan dengan seberapa besar inovasi yang telah dilakukan. Tingkat inovasi memiliki korelasi yang kuat dengan efisiensi dan ujung-ujungnya terhadap harga jual. Inovasi juga berkaitan erat dengan kemampuan produsen (UMKM) dalam menciptakan produk-produk yang berbeda serta unik. Kedua hal tersebut, baik harga maupun keunikan produk, menurut Michael Porter dianggap sebagai faktor utama yang mampu mendongkrak daya saing industri, dalam hal ini UMKM.

Iklan dan Kesadaran Merek


Salah satu media yang dianggap efektif untuk mempromosikan sebuah produk adalah iklan. Philip Kotler mendefinisikan iklan sebagai segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang, atau jasa. Beriklan seakan menjadi sebuah kewajiban bagi produsen agar produknya dikenal oleh konsumen. Menurut Philip Kotler ada tiga kategori iklan yang itu menyesuaikan dengan tujuan sebuah iklan dibuat, yakni:
  1. Periklanan informatif, diadakan secara besar-besaran pada tahap awal suatu jenis produk, tujuannya adalah membentuk permintaan pertama.
  2. Periklanan persuasif, diadakan dalam tahap persaingan, tujuannya adalah membentuk permintaan selektif atas suatu merek tertentu.
  3. Periklanan pengingat, diadakan oleh produk-produk yang sudah mapan.


Merek Paling Favorit Pengguna Internet Indonesia

Majalah Marketeers baru-baru ini telah merilis 45 merek paling favorit pengguna internet di Indonesia. Merek-merek tersebut mewakili dari masing-masing kategori produk yang selama ini lekat dengan aktivitas pengguna internet sebagai konsumen. Dalam konteks kesadaran merek maka merek paling favorit menjadi salah satu indikasi bahwa merek tersebut merupakan top of mind dari konsumen atas sebuah produk tertentu. Berikut ini 45 kategori produk beserta merek produknya yang paling menjadi pilihan pengguna internet di Indonesia.

Inovasi dan Loyalitas Merek

www.sxc.hu

Perkembangan teknologi informasi dalam satu dekade belakang ini benar-benar luar biasa. Bisa jadi tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh siapapun bahwa perkembangan teknologi informasi akan berkembang secepat saat ini. Bahkan kecepatannya perkembangannya, meminjam istilah kecepatan pesawat terbang, seolah melebihi kecepatan suara. Internet, komputer, maupun handphone adalah salah satu derivasi teknologi informasi yang perkembangannya mengalami percepatan yang sangat pesat. Konsep daya saing berbasis pada continuous improvement telah berjalan dengan sangat ekseleratif. Hal tersebut menunjukkan bahwa inovasi mampu diterapkan secara optimal. Dampak dari dinamisnya inovasi dalam teknologi tersebut menjadikan produk-produk tersebut daur hidupnya berjalan dengan sangat cepat dan singkat. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap beberapa bulan sekali, dan bahkan tiap satu bulan, bermunculan inovasi-inovasi baru dalam produk-produk teknologi informasi tersebut. Pada perkembangannya inovasi-inovasi tersebut berpotensi “mengancam” konsep loyalitas merek pada konsumen.