Tugas Riset Pasar Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jurusan Akuntansi

                  Pembagian Obyek Studi


Kelompok
Obyek Studi
Kelas CA
Kelas CB
1.
Laptop
Handphone
2.
Shampo
Sepeda motor
3.
Air mineral
Sabun
4.
Celana
Jam tangan
 5.
Sepatu
Tas
6.
Mie instant
Deterjen
7.
Provider kartu handphone
Pasta gigi
8.
Sabun mandi
Minyak wangi
9.
Cafe di Malang
Mall di Malang
10.
Sikat gigi
Tempat karaoke di Malang

Kuesioner Pasar untuk melihat Top of Mind Merek

1.     Merk Smartphone apa yang paling anda ingat ..................
2.     Selain merk yang Anda sebutkan diatas, merek apalagi yang anda ingat ?
a.     ...........................
b.     ...........................
c.     ...........................
3.     Saat ini Anda adalah pengguna smartphone merek apa ........................
4.     Untuk masa yang akan datang, apakah Anda ingin pindah ke merek lain ?
a.     Ya, Sebutkan mereknya ...........................
b.     Tidak
5.     Apakah anda mengenal produk smartpone BlackBerry?
a.     Ya, saya telah mencantumkan dalam jawaban diatas
b.     Ya, saya lupa mencantumkan dalam jawaban diatas
c.     Tidak
6.     Apakah anda mengenal produk smartpone Samsung ?
a.     Ya, saya telah mencantumkan dalam jawaban diatas
b.     Ya, saya lupa mencantumkan dalam jawaban diatas
c.     Tidak
7.     Apakah anda mengenal produk smartpone Nokia?
a.     Ya, saya telah mencantumkan dalam jawaban diatas
b.     Ya, saya lupa mencantumkan dalam jawaban diatas
c.     Tidak

Catatan: produknya Anda sesuaikan dengan obyek studi yang telah ditentukan

UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2011/2012 MATA KULIAH E-COMMERCE


SOAL
1.       Anda cari 10 artikel jurnal sciencedirect dengan tema E-Commerce.
2.       Anda cari contoh 5 situs E-Commerce Indonesia dan Anda beri pendapat.
3.       Anda cari contoh situs E-Commerce luar negeri dan Anda bahas.
Catatan:
Tugas ini dikerjakan individu dan Anda masukkan ke blog UB.
TUGAS KELOMPOK
Anda cari UMKM di Malang Raya yang belum memiliki blog kemudian Anda beserta kelompok buatkan blog sebagai sarana E-Commerce bagi mereka.
---Selamat Mengerjakan---

UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2011/2012 MATA KULIAH MARKETING COMMUNICATION


Soal
1.       Jelaskan pengertian marketing communication dan arti penting marketing communication bagi sebuah produk!
2.       Jelaskan arti penting pemilihan media dalam marketing communication!
3.       Jelaskan arti penting green marketing dalam marketing communication! Carilah contoh marketing communication yang bertema green marketing di media cetak dan Anda analisis iklan tersebut (lampirkan iklan tersebut dalam lembar jawaban Anda)
4.       Mengapa budaya menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam marketing communication?Jelaskan!
5.       Sebut dan jelaskan apa saja yang menjadikan sebuah iklan tersebut efektif!
6.       Sejauhmana etika menjadi hal yang harus diperhatikan dalam marketing communication? Jelaskan! Carilah contoh iklan yang menurut Anda melanggar sebuah etika dan analisis iklan tersebut (lampirkan iklan dalam lembar jawaban Anda)
Catatan:
a.       Jawaban Anda ketik dan dikumpulkan pada saat jam perkuliahan tanggal 23 April 2012
b.      Jawaban Anda unggah di blog Anda dan tautkan pada blognya Pak Nanang Suryadi serta tautkan pula pada akun twitter @yrisanto dengan hastag (#) UTSMarCom
c.       Untuk contoh iklan dapat Anda scan ataupun Anda capture untuk diletakkan pada jawaban di blog Anda

---Selamat Mengerjakan---

Online Marketing Challenge

Online Marketing Challenge

Real money, real results, real experience!

The Google Online Marketing Challenge (GOMC) is an exciting opportunity for students to experience online marketing and creating online marketing campaigns using Google AdWords & Google+. As well, students and their professors can win great prizes. Over 50,000 students from almost 100 countries have participated in past years.
With a US$250 budget provided by Google, students develop an online advertising strategy for a real business or non-profit organization that has not used AdWords in the last six months. The global winners and their professor receive a trip to the Google Headquarters in Mountain View, California to meet with the AdWords team. Regional winners and their professor receive a trip to a regional Google office. Visit the Winners page to see the 2011 Challenge winners.
The competition is open to all students, regardless of major, with teams ranging in size from three to six. All students must register under a verified professor/instructor at a higher education institution. The key dates for the Challenge can be found on the About the Challenge page.

sumber: http://www.google.com/onlinechallenge/index.html

 

Soal Ujian Tengah Semester Genap 2011/2012Jurusan Akuntansi Kelas CA dan CB


SOAL
1.       Pemasaran yang berbasis internet pada gilirannya mengurangi interaksi langsung (face to face) antara produsen dengan konsumen. Menurut Anda bagaimana metode yang harus digunakan produsen untuk membangun kepercayaan konsumen dalam pemasaran dunia maya? Jelaskan!
2.       Jelaskan dan gambarkan konsep siklus hidup produk serta apa peran pemasaran dalam konsep tersebut?
3.       Jelaskan yang dimaksud dengan intelejen pemasaran! Apa keterkaitan intelejen pemasaran dengan keputusan dan komunikasi pemasaran?
4.       Carilah Iklan di sebuah media cetak. Lakukan analisis segmentasi pasar terhadap produk pada iklan tersebut serta Anda kritik iklan tersebut dari sisi segmentasi pasar produk! Tempelkan iklan tersebut pada lembar jawaban Anda.
---Selamat Mengerjakan---

Catatan:
a.       Tulislah jawaban di kertas folio bergaris
b.      Jawaban ditulis tangan

Rebranding


Merek (brand) memiliki peran strategis bagi produk agar dikenal luas oleh masyarakat konsumen. Merek layaknya nama yang dipunyai oleh manusia. Meski Shakespeare pernah berujar “Apa arti sebuah nama” namun nama memberikan identitas tersendiri bagi sebuah benda. Nama yang mewujud dalam sebuah bentuk merek menjadi ujung tombak bagi produk dalam memperkenalkan diri kepada konsumennya. Kesadaran konsumen terhadap suatu produk seringkali diawali terhadap kesadaran konsumen terhadap merek produk tersebut. Adanya merek menjadikan produk menjadi hidup.
Aaker dalam bukunya yang berjudul Managing Brand Equity Capitalizing on The Value of a Brand Name mendefinisikan merek sebagai nama dan / atau simbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap, atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasi barang atau jasa dari seseorang penjual atau sebuah kelompok penjual tertentu, dengan demikian membedakan dari barang-barang dan jasa yang dihasilkan para kompetitor. Inti dari definisi merek dari Aaker tersebut adalah merek merupakan pembeda sebuah produk. Pembeda tersebut yang kemudian dapat dijadikan stimulan tumbuhnya loyalitas dari konsumen. Dengan menggunakan merek tertentu yang memiliki pembeda tertentu pula konsumen merasa berbeda dengan konsumen lain yang tidak mengggunakan merek tertentu tersebut. Sekali lagi, merek adalah sebuah identitas, baik bagi produk maupun bagi konsumen.

Materi Presentasi Dasar-dasar Manajemen


NO.
POKOK BAHASAN
KELOMPOK
1.
Analisis Lingkungan
Organisasi Bisnis sebagai Bagian dari Lingkungan
Lingkungan Internal dan Eksternal Organisasi
Lingkungan Internasional
Budaya Organisasi dan Kegiatan Bisnis
I
2.
Tanggung Jawab Sosial Organisasi
Mengelola Tanggung Jawab Sosial Organisasi
Konsep Etika dalam Manajemen
Dimensi Etika dalam Manajemen
II
3.
Perencanaan dalam Organisasi
Strategi Organisasi
Tingkatan Strategi
Mutu dan Pendekatan Strategi
III
4.
Model 7S McKinsey
Budaya dan Strategi Organisasi
Menyesuaikan Struktur Organisasi dengan Strategi
Managemen by Objectives (MBO)
IV
5.
Konsep Dasar Organisasi
Pembagian dan Pengelompokan Kerja
Relasi Antar Bagian Organisasi
Struktur Organisasi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Pendekatan dalam Departementalisasi
V
6.
Kekuasaan dan Wewenang dalam Organisasi
Tanggung Jawab dalam Organisasi
Pelimpahan Wewenang dan Tanggung Jawab
Sentralisasi dan Desentralisasi
Mendesain Pekerjaan
VI
7.
Pengertian Dasar Motivasi
Berbagai Perspektif dalam Motivasi
Teori Motivasi
Konsep Dasar Kepemimpinan
Berbagai Pendekatan dalam Kepemimpinan
VII
8.
Konsep Dasar Kelompok Kerja
Karakteristik Kelompok Kerja
Manajemen Konflik
Konsep Dasar Komunikasi
Proses dan Bentuk Komunikasi
VIII
9.
Konsep Dasar Fungsi Pengawasan
Tujuan dan Langkah dalam Proses Pengawasan
Pengawasan Berdasarkan Proses Kegiatan
Pengawasan Internal dan Eksternal
Pengawasan Berdasarkan Fungsi Operasional
IX

Tugas Presentasi Kelompok Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jurusan Akuntansi


Tugas Presentasi Kelompok Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jurusan Akuntansi
1.       Masing-masing kelompok mempresentasikan pokok bahasan sebagaimana telah ditentukan.
2.       Buku utama yang dijadikan pedoman adalah Manajemen Pemasaran karangan Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2009) Edisi 12.
3.       Buku-buku penunjang dari pengarang lain yang terkait dengan pokok bahasan diharapkan juga dipakai untuk memperkaya pembahasan.
4.       Seluruh kelompok mengirimkan power point presentasinya ke email: risanto26@gmail.com

No.
Pokok Bahasan
Kelompok Presenter
1
Pemasaran Abad 21
Penyusunan Rencana dan Strategi Pemasaran
I
2
Mengumpulkan Informasi dan Mengukur Pasar
Melakukan Riset Pemasaran & Peramalan Permintaan
II
3
Menciptakan Nilai, Kepuasan, dan Kesetiaan Pelanggan
III
4
Menganalisis Pasar Konsumen dan Menganalisis Pasar Bisnis
IV
5
Mengidentifikasi Segmen dan Sasaran Pasar
V
6
UTS

7
Menciptakan Ekuitas Merek dan Mengatur Penetapan Posisi Merek
VI
8
Menetapkan Strategi Produk dan Memperkenalkan Tawaran Pasar Baru
Merancang dan Mengelola Jaringan dan Saluran Nilai
VII
9
Mengembangkan Program dan Strategi Penetapan Harga
Merancang dan Mengelola Jaringan dan Saluran Nilai dan Mengelola Eceran, Perdagangan Besar dan Logistik Pasar
Mengembangkan Program dan Strategi Penetapan Harga
VIII
10
Merancang dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Mengelola Komunikasi Massa
Mengelola Komunikasi Pribadi
IX
11
Memanfaatkan Pasar Global
X
12
UAS

Masyarakat Virtual


http://www.mywebsearchonline.com

Dalam bukunya yang sangat fenomenal dan klasik, yakni The Third Wave (Gelombang Ketiga), futurolog Alvin Toffler mengemukakan adanya tiga tahapan perkembangan peradaban manusia. Ketiga tahapan tersebut meliputi: Era Pertanian sebagai Gelombang Pertama, Era Industri sebagai Gelombang Kedua, serta Era Informasi sebagai Gelombang Ketiga. Hampir tiga dekade belakangan ini, yakni sejak Bill Gates memperkenalkan Microsoft kepada dunia, peradaban manusia telah memasuki apa yang disebut Alvin Toffler sebagai Gelombang Ketiga. Prasyarat-prasyarat untuk memasuki Gelombang Ketiga tersebut telah cukup memadai untuk menjadikan masyarakat dunia memasuki Era Informasi. Perkembangan teknologi dan informasi dalam beberapa tahun belakangan ini meluncur dengan begitu deras bak air bah.
Salah satu medium teknologi informasi yang perkembangannya sangat bombastis adalah internet. Berbagai piranti, baik piranti lunak (software) maupun piranti keras (hardware), telah bermunculan untuk menopang kemajuan internet agar lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses internet. Hal terbukti dengan semakin membengkaknya pengguna internet dalam skala lokal, nasional, maupun global. Bahkan keberadaan internet pada gilirannya telah merubah budaya, kebiasaan, maupun pola hidup manusia. Perubahan pola interaksi masyarakat menjadi salah satu contoh betapa internet telah berperan bagi masyarakat ataupun individu dalam memaknai arti interaksi. Kemampuan internet menghadirkan teknologi yang memungkinkan individu untuk saling bertatap muka dengan individu lain tanpa harus bertemu secara fisik telah memberikan cara pandang baru bagi masyarakat serta individu dalam berinteraksi, termasuk dalam berbisnis.

Memahami Inovasi

http://cdn.radionetherlands.nl
Dewasa ini inovasi menjadi sesuatu yang selalu dikedepankan dalam upaya mencapai daya saing yang kompetitif. Begitu pentingnya inovasi hingga memunculkan adigium “inovasi atau mati.” Adigium “inovasi atau mati” seolah memberikan pesan bahwa organisasi jika tidak melakukan inovasi akan terlindas oleh organisasi lain dan secara perlahan akan terpuruk menuju kematian organisasi.
Inovasi merupakan topik dengan cakupan yang luas dan diterapkan diberbagai aspek seperti pemasaran, keperilakuan organisasional, manajemen mutu, manajemen operasi, manajemen teknologi, pengembangan produk, dan manajemen strategi. Inovasi merupakan isu paling penting dalam bisnis karena mampu mengubah situasi pasar dengan mengurangi kemampuan pelaku pasar besar dan mendorong pelaku luar menempati posisi yang tinggi. Tanpa inovasi, pemain pasar dapat kehilangan posisinya dan akan sulit untuk membangun kembali kinerjanya dalam industri (Hauser et al., 2005). Inovasi merupakan proses yang dinamis dalam sebuah organisasi. Penerimaan sebuah inovasi bukan merupakan sesuatu yang mutlak. Inovasi akan diterima apabila dirasakan memiliki manfaat atau memberikan sesuatu yang dipandang menguntungkan bagi masyarakat (organisasi). Sebaliknya, bisa saja suatu waktu inovasi ditolak oleh masyarakat (organisasi) jika dipandang sulit diterapkan dan atau dinilai tidak menguntungkan (Hakim, 2008).